Rekomendasi “game” bertema nasionalisme untuk rayakan

Menampilkan “permainan” nasionalisme untuk merayakan HUT RI ke-76

game-bertema-nasionalisme

BeritaMu.co.id mengumpulkan beberapa game bertema nasionalisme yang dapat meningkatkan semangat cinta tanah air sebagai bangsa Indonesia.

“Diponegoro – menara pertahanan”

Screenshot game “Diponegoro – Tower Defense” di Playstore (Game Lokal Indonesia)

Sesuai dengan namanya, game yang dikembangkan oleh developer game lokal Indonesia ini berusaha memperkenalkan Pangeran Diponegoro saat melawan Belanda di medan perang.

Setting tempat game ini berada di Pulau Jawa dan menjadikan sosok Pangeran Diponegoro sebagai tokoh utamanya. Pemain harus bisa bertahan dan mengalahkan musuh yang merupakan kompi Belanda. Game ini terdiri dari 18 tingkat kesulitan dengan tantangan yang berbeda.

“Bambu Keras”

Tangkapan layar permainan “Bambu Runcing” di Playstore (Taman Bermain SMK Telkom Malang)

Sama seperti game “Diponegoro – Tower Defense”, game “Bambu Runcing” juga mengangkat cerita tentang melawan penyusup. Namun, game ini dikemas lebih sederhana.

Game besutan Playground SMK Telkom Malang ini menjadikan bambu runcing sebagai senjata utama para pemainnya dalam melawan penyusup.

Menariknya, ada juga komik sejarah dalam game “Bambu Runcing”, yang dapat memberikan wawasan tentang pertempuran para pahlawan.

“Merah Putih – Belajar Sejarah Indonesia Merdeka”

Screenshot game “Merah Putih – Belajar Sejarah Indonesia Merdeka” di Playstore (ARFA Media)

“Merah Putih – Belajar Sejarah Indonesia Merdeka” adalah sebuah game edukasi yang dapat memperluas pengetahuan dan memahami sejarah nusantara hingga berdirinya Indonesia.

Gameplaynya sangat sederhana, pemain harus menjawab pertanyaan tentang sejarah Indonesia saat menghadapi musuh. Jika jawabannya benar, pemain dapat melanjutkan permainan. Tapi jika salah, poin akan dikurangi.
Baca juga: Pandemi game mobile dan game tanpa paket data semakin diminati

Game dari ARFA Media ini sangat cocok dimainkan bersama seluruh keluarga. Orang tua dapat menggunakan permainan ini untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang sejarah Indonesia.

“Lomba Karung Pintar”

Screenshot game “Balap Karung Pintar” di Playstore (Tim 3ID)

Permainan balap karung menjadi salah satu ciri khas masyarakat Indonesia saat merayakan hari kemerdekaan. Namun, ada yang berbeda saat Anda bermain balap karung melalui game “Smart Sack Race”.

Dalam “Smart Karung Race” oleh Tim 3ID ini, para pemain harus menjawab pertanyaan tentang sejarah Indonesia saat balapan karung.

“Tuan Boneka: Pahlawan Lucu”

Tangkapan layar game “Juragan Wayang: Pahlawan Lucu” di Playstore (Binarystudio 54)

Sesuai dengan namanya, permainan Juragan Wayang: Pahlawan Lucu mengandung budaya Indonesia yaitu Wayang, dengan karakter yang berbeda-beda seperti Gatot Kaca, Petruk, Gareng dan Bagong yang memakai pakaian adat Jawa.

Selain itu, ada juga karakter pahlawan legendaris seperti Gundala, Pitung, Wiro Sableng dan Si Buta dari gua roh. Bahkan, karakter penduduk desa, hantu, dan selebriti juga ditampilkan dalam game ini.

Dalam game ini oleh Binarystudio 54, pemain menjadi dalang dan memilih karakter mereka sendiri. Karakter berbaris ke kanan dan kiri lalu bertarung dengan senjata unik seperti bola tenis dan sapu.

Games “Diponegoro – Tower Defense”, “Bambu Runcing”, “Merah Putih – Belajar Sejarah Indonesia Merdeka”, “Balap Karung Pintar” dan “Juragan Wayang: Pahlawan Lucu” dapat diunduh dari Playstore.

Sumber :