Cara Mengatasi Keyboard Android Error | Sayangnya GBoard Telah Berhenti

Hai sobat droid, Tentunya kalian semua pernah ada yang mengalami masalah keyboard android error. Pada kesempatan kali ini, admin akan berbagi tips cara mengatasi keyboard Android error. Disini admin mengambil contoh pesan error “Sayangnya GBoard Telah Berhenti”. Mungkin bagi kalian yang sudah terbiasa otak atik android, masalah ini hanya hal sepele. Namun bagi mereka yang masih awam, tentunya akan dibikin pusing tujuh keliling bukan? Tapi bagi kamu yang telat belum sempat baca artikel sebelumnya, jangan lupa intip juga tips tentang cara live stream game via HP android sebelumnya ya. oke, mari kita lanjut ke topiknya.

Cara Mengatasi Keyboard Android Error

Sebenarnya, untuk kasus error android keyboard ini ada macam-maacam. Pesan yang muncul untuk masing-asing HP mungkin tidak sama. Tergantung dari aplikasi keyboard apa yang kamu pakai. Pesan yang muncul bisa berupa “Sayangnya Keyboard AOSP Telah Berhenti”, “Sayangnya GBoard Telah Berhenti“, atau pesan dengan nama lain sesuai aplikasi keyboard masing-masing. Dan pesan error di atas hanya sebagai contoh gambaran kecilnya saja. Intinya, semua pesan merujuk pada error atau kesalahan pada aplikasi keyboard yang kalian gunakan sehingga muncul pesan kesalahan tersebut.

Sayangnya GBoard Telah Berhenti

Nah, pada artikel kali ini, admin menggunakan aplikasi keyboard android yang bernama GBoard atau Google Keyboard. Biasanya ini adalah aplikasi keyboard bawaan dari system android. Jadi jika kamu menggunakan aplikasi keyboard lain seperti Keyboard AOSP, SwiftKey Keyboard, GO Keyboard, atau aplikasi lain, tips yang diterapkan untuk cara mengatasi keyboard android error ini hampir sama. Jadi jangan hawatir, apapun aplikasi keyboard kalian, kalian tetap bisa mencoba cara sederhana ini.

Lalu, bagaimana cara mengatasi keyboard android error ini min? Apakah harus reset ulang? Apakah harus di flash dan menghapus semua data? Tidak..!! Cara mengatasi keyboard android error yang akan kita ggunakan 100% aman tanpa resiko kalian harus melakukan reset atau flashing HP yang mmenyebabkan resiko kehilangan semua data. Caranya cukup simple dan sederhana, bahkan anak-anak juga bisa melakukanya. hehehe..

Nah, karena saaya disini menggunakan aplikasi GBoard sebagai contoh, maka berikut ini langkah-langkah untuk mengatasi Error “Sayangnya GBoard Telah Berhenti“, dan kamu bisa pakai juga untuk aplikasi lain sesuai keyboard yang kamu pakai.

Cara Mengatasi Error “Sayangnya GBoard Telah Berhenti

Sebenarnya, masaalah keyboard android error muncul bisa jadi karena aplikasi butuuh diupdate. Maka kalian biisa langsung mmelakukan update aplikasi via PlayStore untuk melakukan download update terbaru. Caranya..

  1. Buka Aplikasi Play Store.
  2. Pilih menu navigasi sebelah kiri, atau lakukan slide saja kearah kanan sehingga muncul navigasi menu sebelah kiri.
  3. Pilih menu aplikasi dan game saya. 
  4. Skrol kebawah, pencet tombol update pada aplikasi Gboard Anda.
  5. Tunggu hingga proses download selesai kemudian masalah kamu Insya Allah Selesai.

Bagaimana, cara mengatasi keyboard android yang error ini cukup mudah bukan? Hanya butuh beberapa langkah dan semua masalah error pada keyboard android mu bisa terselesaikan. Namun cara diatas hanya berlaku jika error yang terjadi karena aaplikasi membutuhkan update. Pada beberaapa kasus, keyboard android bisa saja error karena kurangnya RAM sebab membuka aplikasi yang banyak secara bersamaan, atau yang lebih parah adalah aplikasi keyboard yang crash karena adanya Bug pada Rom Android yang kamu pakai.

Jika masalah error muncul karena kurangnya RAM, kamu tinggal tutup beberapa aplikasi yang sedang aktif saja. Namun beda lagi jika keyboard error karena adanya Bug pada Rom android, jalan satu-satunya adalah kamu melakukan flashing dan coba install Rom lain. Atau bisa kamu coba cara sederhana dulu dengan install dan menggunakan aplikasi keyboard Android lainya yang biisa kamu download gratis di GooglePlay. Semoga tips tentang cara mengatasi keyboard android error ini bermanfaaat buat kamu dan selamat mencoba. 🙂