Berapa lama setelah lulus lulusan ITB mencari pekerjaan?

Banyak mahasiswa yang berharap mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Namun, berapa lama waktu yang dibutuhkan mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) setelah lulus dan mendapatkan pekerjaan?

Berapa-lama-setelah-lulus-lulusan-ITB-mencari-pekerjaan

Diketahui dari survei Tracker Study 2020 Direktorat Kemahasiswaan ITB bahwa lulusan ITB

mendapatkan pekerjaan pada tahun 2013 rata-rata setelah 2 bulan setelah lulus. Data tersebut dilakukan oleh 2.291 responden.
Baca juga:
Survey: Sebagian besar lulusan ITB berpenghasilan Rp 360 juta per bulan

Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.139 orang telah mendapatkan pekerjaan kurang dari 3 bulan. Kemudian 841 orang mendapatkan pekerjaan setelah 3-6 bulan, dan hingga 311 orang mendapatkan pekerjaan setelah menunggu lebih dari 6 bulan.

Selain itu, data menunjukkan bahwa sebagian besar lulusan ITB direkrut melalui relasi/teman/kenalan

dengan total 924 orang. Sisanya kemudian mendapat pekerjaan dari Internet (kecuali Career Center ITB), di Career Center ITB, dan menerima telepon dari perusahaan.

“Alumni telah melakukan berbagai hal untuk mendapatkan pekerjaan pertama, baik dengan melamar langsung, menunggu panggilan atau menggunakan hubungan yang ada,” kata informasi tersebut, dikutip dari detikEdu, Kamis (4/8/2021).

ITB mengingatkan lulusannya bahwa jalur menuju pekerjaan dari lingkungan internal memegang peranan yang sangat penting. Sedangkan teman, alumni, keluarga, dosen, dan guru.
Baca juga:
Percepat Pemulihan Ekonomi, Kampus ITB Gelar Pertukaran Kerja

71% orang mendapatkan pekerjaan dari teman, alumni, dan kenalan.

Kemudian 16% mendapatkannya dari dosen atau guru dan sisanya 13% dari orang tua, saudara dan keluarga.

Sebagai informasi, lulusan ITB menerima gaji rata-rata sebesar Rp 9,3 juta. Namun, jumlah itu masih di luar bonus tahunan yang bisa dua kali lipat dari gaji yang didapat, rata-rata Rp 28.814.892.

Lihat Juga :

gb whatsapp

gb whatsapp

gb whatsapp

gb whatsapp

gb whatsapp